Cara Diet Alami

Cara Diet Alami

Saat ini ada banyak sekali cara diet alami yang ditawarkan oleh ahli kesehatan atau suatu produk. Mereka menjanjikan tubuh yang langsing dengan cepat jika menggunakan program atau produk yang mereka jual. Disaat seperti ini kita sebagai konsumen sering tergiur dan akhirnya mencoba produk atau program yang ditawarkan.

Menjalankan program diet tidak harus selalu ketat dan menggunakan obat-obatan. Faktanya ada banyak pula cara diet alami yang dalam prakteknya tidak membutuhkan bantuan obat sama sekali dan mudah dilakukan sendiri. Tapi kenapa kita harus diet?

Mungkin pertanyaan diatas pernah terlinta di pikiran Anda, apa pentingnya diet? Di zaman yang serba modern ini tingkat serangan penyakit semakin tinggi. Risiko seseorang terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol atau jantung pun semakin besar, tidak hanya menyerang orang lanjut usia. Saat ini anak muda pun memiliki rentan terkena beberapa penyakit tersebut karena gaya hidup yang kurang sehat.

Apalagi jika seseorang memiliki kelebihan berat badan atau yang biasa kita sebuh obesitas. Kondisi ini akan semakin meningkatkan risiko serangan penyakit ke tubuh. Lemak memang sebenarnya dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu untuk menyimpan energi dan lainnya, namun dikala jumlahnya terlalu banyak dan menjadi obesitas tentu akan membahayakan tubuh.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan, ada baiknya segera mencari cara diet alami yang tepat agar berat badan Anda kembali ideal. Karena ada banyak penyakit berbahaya yang mengancam penderita obesitas, seperti berikut ini.

Gangguan Otak

  • Merusak memori, terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa hormon yang diproduksi oleh lemak dapat mengakibatkan inflamasi yang akan mempengaruhi bagian kognitif yang akibarnya dapat membuat seseorang kehilangan ingatan.
  • Demensia, juga berhubungan dengan inflamasi karena obesitas, yang dapat membuat tubuh dan pikiran mudah stres.
  • Mengubah kerja sistem imun, meningkatkan risiko inflamasi.

Penyakit Jantung

Obesitas juga dapat memicu serangan jantung, karena lemak yang jumlahnya berlebih akan menutupi pembuluh darah pada jantung sehingga tersumbat. Apabila hal ini terjadi, maka Anda bisa terkena serangan jantung, termasuk jantung koroner.

Hipertensi

Kelebihan berat badan juga sangat erat hubungannya dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini bisa terjadi karena seringnya mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi, kolesterol dan lemak berlebih sehingga dapat memicu penyempitan pembuluh darah.

Gangguan saluran pernapasan

Penimpunan lemak di bagian bawah diafragma dan pada dinding dada dapat menekan paru paru yang menyebabkan kesulitan atau gangguan pernapasan.

Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit berbahaya yang mengancam seorang penderita obesitas. Pada penderita diabetes, insulin yang dihasilkan pankreas akan terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas yang mengakibatkan tiidak bisa bekerja dengan maksimal untuk membantu sel menyerap glukosa. Karena kerja insulin yang tidak dapat maksimal, akhirnya pankreas akan berusaha menghasilkan insulin lebih banyak yang akibatnya dapat menurunkan kemampuan pankreas untuk menghasilkan insulin.

Stroke

Menurut penelitian seseorang yang menderita kelebihan berat badn memiliki risiko terserang stroke yang lebih tinggi daripada orang dengan tubuh sedang. Hal ini karena penderita diabetes cenderung memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes yang dapat memicu terjadinya stroke.

Mengetahui beberapa penyakit yang bisa muncul jika seorang mengalami obesitas seperti di atas tentu akan sangat mengkhawatirkan. Jika Anda tidak ingin menderita penyakit berbahaya di atas, maka mulai sekarang niatkan diri Anda untuk menjalani diet yang sehat.

Mencoba menurunkan berat badan kembali ke posisi idealnya dengan cara diet alami dan sehat memang membutuhkan komitmen tinggi karena Anda harus disiplin dan teratur dalam menjalaninya. Memelihara keinginan untuk memiliki badan yang ideal atau langsing sangat perlu dijaga sebagai motivasi utama saat menjalankan program diet sehat.

Saat menjalani cara diet sehat, idealnya berat badan Anda akan turun secara perlahan atau bertahap. Karena menurunkan berat badan secara drastis juga tidak baik untuk kesehatan dan bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan lain. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan cara diet sehat yang akan Anda jalani, ada baiknya Anda mengetahui kesalahan umum yang dilakukan orang saat diet.

Kesalahan umum saat diet

  • Mengurangi frekuensi makan berat, hal ini malah bisa menyebabkan Anda makan dalam jumlah yang banyak saat waktu makan. Selain itu Anda juga bisa ngemil disela-sela waktu makan berat yang akan memperlambat proses penurunan berat badan Anda.
  • Makan camilan tanpa tahu kandungannya, sebaiknya jika ingin makan kudapan cek terlebih dahulu kandungannya.
  • Banyak minum minuman dengan kandungan kalori tinggi. Beberapa minuman seperti kopi dengan krim serta minuman bersoda memiliki banyak kandungan kalori.
  • Jarang minum air putih selam proses diet, air putih dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.
  • Target yang kurang realistis. Karena prosesnya cenderung lambat, Anda sebaiknya membuat target yang realistis untuk dicapai dalam jangka waktu tertentu. Target yang tidak realistis malah bisa menyebabkan Anda stres karena kesulitan mencapainya.

9 Cara Diet Alami dan Sehat

  1. Menentukan target

Cara diet alami yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan target yang realistis yang mungkin Anda capai. Jangan langsung menentukan target tinggi seperti turun 5 kg dalam seminggu pertama. Satu kilogram dalam satu atau dua minggu juga cukup baik. Selain itu tentukan juga target-targer kecil seperti tidak makan goreng, junk food atau makanan kurang sehat lain.

  1. Optimis

Selain menentukan target, Anda juga harus mengontrol pikiran Anda agar senantiasa berpikir positif dan optimis cara diet alami yang Anda lakukan akan berhasil. Jangan terlalu memikirkan makanan selama masa diet agar tidak mengganggu program Anda.

  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif, jadi sambil melakukan cara diet alami Anda juga harus rutin berolahraga. Anda juga bisa mengganti kebiasaan menggunakan kendaraan untuk pergi ke tempat-tempat dekat dengan berjalan kaki. Atau memprioritaskan 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dengan benar untuk menghindari cidera dan jangan terlalu memaksakan diri dalam melakukannya. Namun Anda juga harus disiplin dan rutin, tingkatkan intensitas olahraga Anda saat sudah mulai terbiasa.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat penting perannya untuk membantu menurunkan berat badan. Air putih juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kerja ginjal, membuang racun dari dalam tubuh, mencerahkan kulit serta membantu meningkatkan kinerja otak.

Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa minum segelas air putih sebelum makan untuk mengurangi porsi makan Anda. Selain itu memenuhi kebutuhan air putih harian juga perlu Anda biasakan.

  1. Mengonsumsi makanan kaya serat

Kandungan serat ini bisa Anda dapatkan dari makanan seperti alpukat, pisang, beras merah, jagung, brokoli, buah pir, pepaya, kacang polong dan lainnya.

Manfaat makanan kaya serat untuk tubuh antara lain:

  • Membantu proses detoksifikasi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan kesehatan serta membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi usus besar dari penyakit
  • Menghindari penumpukan lemak di dalam pembuluh darah
  • Mengendalikan kadar gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa
  1. Memperbanyak frekuensi makan

Mungkin cara diet alami ini agak sedikit membingungkan untuk Anda, karena malah menyarankan Anda memperbanyak frekuensi makan. Namun menambah frekuensi makan ini berarti mengurangi porsi makan Anda. Pada dasarnya cara diet alami ini untuk mengurangi porsi makan, karena termasuk cara menurunkan berat badan yang baik.

  1. Hindari makan lebih dari jam 6

Saat sore hari, Anda tidak terlalu membutuhkan banyak energi karena tidak ada aktivitas berat. Artinya Anda tidak terlalu membutuhkan makan berat lagi. Untuk menggantikannya Anda bis mengonsumsi sebuah apel.

  1. Hindari kudapan dengan kandungan gula tinggi

Saat menjalani cara diet alami, setiap kudapan atau camilan yang Anda makan hendaknya tidak memiliki kandungan gula tinggi karena akan mengganggu proses penurunan berat badan Anda. Selain itu kandungan gula tinggi juga tidak baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan beragam penyakit.

  1. Minum air jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Cara diet alami dengan jeruk nipis ini cukup mudah, Anda bisa minum air jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Menjalankan diet alami dan sehat memang tidak menyiksa tubuh Anda, namun Anda harus menjalankannya dengan komitmen dan kedisiplinan tinggi agar berat badan Anda bisa turun secara bertahap.

Referensi: Tips Kesehatan