Cara Membuat Saus Steak Lezat Ala Resto

Untuk menikmati menu steak secara maksimal maka jangan lupa menambahkan saus ke dalamnya, supaya cita rasanya semakin lengkap. Adapun cara membuat saus steak simple tentunya sangat mudah sebagaimana resep masakan yang berasal dari negara barat cenderung lebih mudah dibuat, dibanding menu asli nusantara. Meskipun mudah namun baiknya jangan menganggapnya remeh sebab beberapa orang mencoba membuat saus steak mengikuti panduan di buku resep namun hasilnya mengecewakan. Mengapa bisa begitu?

Tips dan Cara Membuat Saus Steak Super Lezat

Rupanya dalam membuat saus untuk sajian steak tidak hanya perlu mengikuti langkah-langkah pengolahannya sesuai yang tercantum di dalam buku resep. Melainkan dipengaruhi oleh beberapa hal, maka simak tips berikut supaya saus steak yang dibuat super lezat:

  • Gunakan bahan-bahan segar,

Membuat resep untuk menu apapun supaya lezat tentunya memerlukan bahan baku berkualitas, tidak harus yang terbaik namun pastikan segar. Bahan saus yang dibeli dari pasar atau mungkin swalayan pastikan kondisinya segar supaya menghasilkan cita rasa khas bahan itu sendiri. Kalau bahan bakunya saja sudah segar maka hasilnya tentu lebih maksimal ketimbang bahan yang sudah rusak.

  • Pastikan takaran dan tahap pengolahannya sesuai resep,

Selain memilih bahan yang segar dalam menghasilkan saus steak yang sempurna juga penting memperhatikan takaran sesuai resep membuat saus steak tersebut. Ikuti langkah-langkahnya dan pastikan takaran yang dimasukkan ke dalam media memasak sudah sesuai dengan yang tertulis di resep tersebut. Pastikan pula memasukan bahan sesuai instruksi, sebab bisa jadi bahan dan takarannya sudah pas namun kalau dimasukkan ke panci tidak sesuai resep maka hasilnya berbeda.

  • Selalu pastikan peralatan masak sudah bersih maksimal,

Untuk memastikan cita rasa saus steak yang dibuat lebih original dan maksimal maka pastikan memakai peralatan masak yang mendukung. Wajib dalam kondisi bersih untuk memastikan tidak ada sisa penyedap dan bahan makanan yang diolah sebelumnya memakai piranti masak tersebut. Sedikit banyak sisa bumbu yang tertinggal akan mempengaruhi rasa saus yang diolah sehingga tidak terasa lezat sebagaimana yang diungkapkan dalam buku resep. Memahami rahasia ini membuat siapa saja dalam memasak penting memperhatikan kebersihan piranti yang digunakan.

  • Santap selagi masih hangat,

Memperoleh cita rasa yang maksimal dari saus steak yang menyempurnakan menu ala western ini ternyata tidak bisa asal disantap. Dianjurkan untuk dinikmati selagi masih hangat, kalau memang didiamkan sebentar maka sesaat sebelum bersantap perlu dipanaskan. Entah menggunakan microwave ataupun di atas nyala kompor, sebab aroma saus akan lebih terasa ketika dihangatkan bersamaan dengan uap yang dihasilkan. Menikmati steak pun terasa lebih berkelas sebagaimana ketika di restoran padahal saus tersebut hasil kerja keras sendiri mencari cara membuat saus steak terbaik.