Resep Kreasi Gingerbread House ala Hansel and Gretel

Resepi Kek Mudah – Gingerbread atau kue jahe jadi satu diantara type kue kering yg tidak bisa ditinggalkan waktu Natal. Rasa-rasanya yang manis serta hangat di tenggorokan begitu pas disantap waktu udara dingin terlebih di benua asal kue jahe, Eropa. Eropa serta dan Amerika sudah lama jadikan hidangan kue jahe jadi sisi dari kebiasaan menyongsong hari Natal yang datang pas waktu musim dingin tiba.

Resep Kreasi Gingerbread House ala Hansel and Gretel
Resep Kreasi Gingerbread House ala Hansel and Gretel

Seiring waktu berjalan, saat ini kue jahe sudah alami banyak perubahan. Baik dari sisi rasa ataupun bentuk yang makin beragam. Satu diantara inovasi kue jahe yang banyak di buat yaitu tempat tinggal kue jahe.
Tempat tinggal kue di inspirasi dari dongeng anak-anak yang datang dari Jerman berjudul Hansel and Gretel. Dongeng ini bercerita mengenai sepasang kakak beradik bernama Hansel serta Gretel yang temukan tempat tinggal yang terbuat dari kue jahe serta bermacam permen punya seseorang penyihir.

Natal yang makin dekat buat banyak toko kue berlomba buat kue jahe yang dibuat seperti tempat tinggal untuk menarik konsumen. Tetapi umumnya kreasi tempat tinggal jahe di bandrol dengan harga yang lumayan kuras kantong. Hingga terkadang untuk beli kue jahe berupa tempat tinggal itu mesti berpikir 2 x.
Dari pada membelinya, yuk buat kreasi tempat tinggal kue jahe sendiri dirumah. Walau nampaknya rumit, nyatanya buat kreasi tempat tinggal kue jahe tidaklah terlalu sulit, lho. Yang anda perlukan yaitu sebagian alat simpel serta kreatifitas supaya terjadi tempat tinggal jahe dengan dekorasi menarik bak tempat tinggal di dongeng karya Grimm bersaudara itu.
Terkecuali lezat, tempat tinggal kue jahe ini dapat juga membuat cantik dekorasi pada perayaan Natal. Inilah kreasi tempat tinggal kue jahe ditulis dari Everyday Food.

Beberapa bahan :

  • 60 gr mentega tawar
  • 60 gr gula merah
  • 120 ml molases
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 3 cup atau sekitaran 350 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 3/4 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt cengkeh bubuk
  • Icing Sugar untuk hiasi serta merekatkan sisi kue kering.
  • Whipped krim hijau untuk jadi hiasan
  • Bermacam permen warna warni

Langkah Buat :

1. Campur mentega serta gula merah lalu kocok sekitaran satu menit atau hingga adonan jadi lebih lembut. Kemudian berikan molases, telur, serta vanilla lalu Kocok kembali sampai rata. Molases yaitu bahan kue yang terbuat dari sari pati tebu berwarna cokelat tua dengan struktur yang begitu kental. Molases berperan untuk buat kue merasa lebih chewy.
2. Di wadah terpisah, campur tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, serta rempah-rempah bubuk. Aduk sampai semuanya adonan kering tercampur rata. Hal semacam ini ditujukan supaya tak ada tepung atau bahan yang lain yang menggumpal.
3. Campur semuanya bahan basah serta kering lalu uleni hingga adonan betul-betul kalis. Untuk hasil yang betul-betul kalis, adonan bisa diaduk segera memakai tangan.
3. Masukan adonan yang sudah kalis kedalam almari pendingin sepanjang 1 jam. Yakinkan adonan tidak terserang air lewat cara membungkusnya memakai plastic kedap udara. Peranannya supaya adonan lebih gampang dibuat nanti.
4. Giling adonan yang sudah didinginkan. Supaya tidak lengket, taburkan sedikit tepung terigu pada permukaan adonan. Janganlah sangat banyak menaburkan tepung agar struktur kue tidak beralih.
5. Buat cetakan kue simpel memakai kertas yang tidak tipis. Bentuk mirip sisi tembok, pagar, serta genteng tempat tinggal jahe. Yakinkan cetakan yang dipakai betul-betul bersih. Potong adonan yang sudah digiling memakai pemotong pizza sesuai sama bentuk cetakan. Supaya lebih serupa dengan tempat tinggal kue jahe, beri bebrapa struktur seperti kayu pada permukaan adonan yang sudah diciptakan.
6. Panggang sepanjang 8 hingga 10 menit dengan suhu 180°C.
7. Sesudah kue masak, lapisi permukaan kue dengan cokelat leleh supaya warna kue lebih menarik.
8. Susun fondasi kue membuat tempat tinggal seperti pada video. Rekatkan memakai icing sugar. Icing sugar dapat juga ditukar memakai cokelat putih yang dilelehkan.
9. Hias dengan bermacam permen jadi dekorasi tempat tinggal jahe.
10. Supaya lebih menarik serta menaikkan ramai dekorasi tempat tinggal jahe, buat pohon Natal dengan memakai cone es cream yang dihias dengan cream warna hijau serta permen mutiara warna-warni. Kamu dapat juga berkreasi sesuka hati untuk mendekorasi tempat tinggal jahe supaya tampak lebih cantik serta menarik.

Tempat tinggal kue jahe siap dihidangkan untuk menyemarakkan perayaan Natal keluarga.