Pengetahuan Singkat Biji Hulbah, Pelancar ASI Sejak Jaman Dulu

HUblah untuk pelancar asi? Hulbah bila diartikan ke dalam susunan kata bahasa Inggris berarti; Fenugreek. Di negara India sana, biji Hulbah akrab dengan sebutan Methi, sedangkan di negara Indonesia biji Hulbah disebut dengan sebutan kablet. Mungkin akan tak asing bagi wanita atau ibu yang senang kegiatan masak-memasak, kablet adalah salah satu bumbu andalan dalam kegiatan ini.

Hulbah dalam sejarahnya adalah salah satu obat tertua dengan berjuta manfaat dan kegunaan. Bayangkan saja, sebutir biji Hulbah mengandung lebih dari 60% karbohidrat! Tambahan protein, minyak lemak, minyak atsiri,flavonoid, vitexin, sapogenin, kumarin, trigliserida tinggi dan lainnya adalah nilai tambah yang luar biasa bagi biji Hulbah.

Dimulai pada penilitian di negara Mesir pada tahun 1945. Diketahui dengan gamblang bahwa biji Hulbah adalah salah satu bahan alami yang sangat berpotensi tinggi sebagai pelancar ASI. Mengapa? Lihat saja beberapa kandungan alami pada paragraf sebelumnya, dengan kandungan sebanyak itu, tentunya beragam dalam biji Hulbah sangatlah banyak dan memang sangat berkhasiat.

Meski belum diketahui bagaimana biji Hulbah bekerja dalam siklus yang digunakan sebagai pelancar ASI, biji Hulbah adalah pasti untuk mempelancar ASI bunda yang mungkin terhendat karena beberapa faktor tertentu.

Efek samping biji Hulbah

Meski dengan khasiat dan manfaat yang begitu banyak karena keberagaman dalam kandungan alaminya, biji Hulbah juga mempunyai efek samping. Biasanya, efek samping mengonsumsi biji Hulbah akan menimbulkan diare bila pemakaiannya melebihi dosis yang ditentukan. Oleh karena itu sangat penting untuk melibatkan seorang dokter ahli atau paling tidak yang sudah mempunyai pengalaman perihal pemakaian biji Hulbah sebagai pelancar ASI alami. Meski begitu, pemakaian biji Hulbah dengan dosis aman yang sudah ditentukan relatif aman dan tidak mempunyai efek samping apa-apa bagi ibu menyusui dan bayi mungilnya.

Dalam studi yang pernah dilakukan oleh ahli dan melibatkan lebih dari 10 perempuan berstatus ibu muda yang menyusui,penggunaan biji Hulbah mampu meningkatkan sangat-sangat signifikan volume dan produktivitas ASI bunda (penilitian dilakukan oleh ahli, Swafford pada tahun 2000.)