Sudah Bosan dengan Facebook? Tutup Aja !

Apakah kamu akhir-akhir ini sudah mulai bosan bersosial media melalui Facebook? Jika iya, mungkin kamu termasuk dari sekian banyak orang yang sudah dilakukan studi berikut ini. Penelitian terbaru pada tahun kemarin menunjukkan bahwa netizen yang malu dan tidak ingin profil pribadinya dipublikasikan atau bisa dianggap malu terhadap ekspos publik sudah  mulai meninggalkan sosial media seperti Facebook dan Instagram. Mereka lebih memilih aplikasi yang dinilai tidak mengumbar profil dan bersifat lebih pribadi seperti WhatsApp atau Telegram.

Penelitian tersebut melakukan analisis waktu bagi pengguna internet yang menghabiskan waktunya untuk empat aplikasi media sosial diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter dan Snapchat. Dari hasil pengukuran tersebut ditemukan jika pengguna Instagram menunjukkan penurunan yang siginifikan dalam penggunaan global. Penurunan tersebut berada di angka  23,7 persen, dan turun demi tahun. Begitu juga dengan facebook / fb yang mengalami penurunan sebesar 8%.

Dari angka tersebut ditemukan fakta bahwa ada dua alasan yang mendasari penurunan pengguna tersebut. Yang pertama adalah adanya aplikasi jejaring sosial yang lebih ringan dan chatting terenkripsi  seperti Telegram yang mendapat perhatian lebih dan mulai merebut perhatian pengguna. Dari data ditemukan bahwa penggunaan rata-rata Telegram di Inggris naik dari 17 menit tahun lalu menjadi 24 menit yang artinya tumbuh sekitar 40 persen.

Jika Anda sudah bosan dengan facebook dan sedang beralih ke media sosial yang lebih privat, maka sebaiknya nonaktifkan saja akun facebook Anda sehingga orang lain tahu bahwa Anda sudah tidak ada lagi di akun facebook.

Untuk cara menonaktifkan FB ini saya kutip dari situs Cara Terselubung.  Namun sebelum benar-benar yakin menutup akun facebook kamu, saya sarankan pikir-pikir dahulu dengan matang.Karena jika sudah terlanjur menghapus akun facebook secara permanen ini, akun Anda akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Jika Anda sudah yakin, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Login ke akun facebook yang akan diblokir / hapus
  • Pergi ke alamat berikut ini https://web.facebook.com/help/delete_account
  • Klik delete my account 

    cara menonaktifkan fb
    cara menonaktifkan fb
  • Masukkan password sekali lagi dan masukkan kode captcha untuk mengkonfirmasi
  • Terakhir, klik OK

Akun FB kamu telah terhapus dari sistem, namun masih bisa dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari dengan login seperti biasa.